Washing/mencuci :

salah satu faktor yang paling besar dalam menimbulkan baret halus (swirl mark) adalah kesalahan saat mencuci, jadi jangan anggap remeh step ini, oke berikut alat dan step-stepnya:
-Sabun,
Shampoo mobil/motor adalah yang paling baik untuk digunakan mencuci motor kita, jangan pernah memakai detergent (sabun colek, sabun cuci baju) untuk mencuci bagian body, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk cat motor kita. Untuk bagian lain (shock, ban, mesin, dan bagian lain yg bukan merupakan bagian dari cat utama) boleh saja menggunakan sabun detergent untuk membersihkannya.

-Applicator (media untuk mencuci),
Gunakan applicator yang lembut dan tidak membuat cat baret. sebagai contoh gunakan salah satu jenis applicator ini: grout sponge,sea sponge,wash mitt,lambs wool, Jangan gunakan busa jok atau busa lainnya yang berpori kasar dan kecil. karena jenis busa ini cenderung kasar dan menahan pasir (bukan memerangkap pasir di dalamnya),cari yang porinya besar-besar sehingga kemungkinan untuk menimbulkan baret halus (swirl mark) akan terhindar, karena pasir yg tertinggal di body akan terperangkap di dalam pori applicator.

Untuk ngeringin paling bagus memakai Microfiber Waffle weaf drying towell. Setidaknya gunain lap Chamois yang bagus, keringkan sampai ke bagian celah2 motor. dan usahakan supaya lap tersebut terus dibilas, sehingga tetap bersih. jangan tinggalkan bercak air sedikitpun, karena bercak air yg tertinggal berpotensi untuk menciptakan bekas noda air (water spot)nantinya.

Detailing process (acara poles memoles):
 
Claying,
Tujuannya untuk mengangkat kotoran2 yg udah lama banget nempel di body motor kita, seperti bekas aspal,bekas kotoran yg mengerak, dll. Tujuan utamanya ialah menyegarkan dan menghaluskan kembali cat motor kita. Clay ini bentuknya mirip kaya lilin yang buat mainan anak2 itu. Caranya,gosok clay ini disekujur cat motor dengan dilubrikasikan dulu menggunakan quik detailer (nanti kita bahas lagi apa sih quick detailer/QD).

gosok secara merata, lalu lap dengan menggunakan lap Microfiber/MF yang berkualitas.

Cleaning,

Tujuannya untuk menghilangkan bekas noda/wax terdahulu,meminimalkan/menghilangkan baret halus (swirl mark) yang ada.
Polishing,

Langkah ini bertujuan untuk menghidupkan kembali warna cat kita. jangankan motor lama, motor yang baru keluar dari pabrik aja pasti ada cacatnya. Polishing adalah caranya.

Waxing/protection/sealent

Tahap ini yang biasa kita kenal dengan istilah moles. tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV di cat motor kita setelah semua tahapan di atas tadi. produk mana yang bikin paling kinclong ?

cari yang terdapat kandungan pure carnaubanya (dibuat dari bahan alam), cuman biasanya produk ini tidak dapat bertahan terlalu lama terkena sinar matahari. klo mau yg awet kinclongnya ? cari yang berbahan sintesis (biasa dikenal dengan Sealent product), basisnya dari bahan kimia sehingga lebih tahan terhadap cuaca. cuman untuk kinclongnya sih lebih oke yang pure carnauba.
Maintaining,

Semua proses tersebut dapat bertahan lebih lama lagi hasilnya klo kita rawat. Gimana sih cara ngerawatnya? bisa dengan waxing motor 2 minggu sekali, klo mau lebih bagus lagi bisa juga disemprotkan quik detailer setiap kita abis nyuci, step ini yang paling sering saya lakukan untuk mempertahankan hasil dari semuanya.

Klo semua step ini dilakukan dengan benar, hasilnya cat akan terlihat lebih Deep, wetlook ,dan slick setiap harinya.
Yang perlu diingat dari semua proses ini adalah :

-Jangan pernah mencampur campur produk ini dalam satu applicator pad. jadi buat cleaning applicatornya sendiri,buat polishing sendiri,buat waxing juga sendiri. lapnya juga gitu.. harus sendiri-sendiri.

-Gunakan lap yang terbuat dari bahan Microfiber, hasilnya bakal lebih bagus, gak bikin baret, dan lebih tahan lama karena bisa dicuci berkali kali.

Sekian tips untuk merawat cat motor. Semoga bermanfaat bagi sesama.